Tutorial Lengkap Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Ramah Lingkungan

Memiliki lahan yang tidak begitu luas, dapat disiasati dengan membangun desain rumah minimalis 2 lantai. Rumah 2 lantai ini memang sedang hits dan ramai diminati orang. Kenapa? Lahan yang sempit di perkotaan membuat banyak penduduknya tidak bisa memiliki lahan yang luas, sehingga pilihan yang bisa dilakukan adalah membangun rumah dua lantai. Dengan begitu Anda tetap dapat memiliki ruang yang cukup untuk seluruh keluarga. Nah, kali ini Admin akan membahas mengenai Desain Rumah Minimalis Dua Lantai untuk inspirasi Anda semua. Cekidot…

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain rumah minimalis dua lantai memang solusi pintar keluarga dalam mengatasi masalah lahan sempit, namun keluarga juga perlu memperhatikan tata ruang rumah agar rumah tetap menjadi tempat yang nyaman bagi keluarga.

Hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah kombinasi warna cat interior dan eksterior rumah. Anda harus pandai-pandai mengkombinasikan warna-warna yang dapat menghidupkan rumah Anda. Sebaiknya gunakan warna-warna primer seperti merah, hijau atau biru untuk eksterior. Meskipun begitu, menerapkan warna-warna gelap seperti abu-abu tidak menjadi masalah, semua kembali pada selera pemilik rumah.

Pada pagar, Anda perlu memberi sentuhan artistik agar dapat dibedakan dengan rumah disekitar lingkungan Anda. Misalnya pagar kayu dengan ukiran batik. Selanjutnya pada teras rumah, Anda tidak perlu memberikan banyak hiasan, cukup sederhana saja yang dapat menyegarkan lingkungan luar rumah. Beri kombinasi warna cerah dan gelap antara lantai dan cat dinding rumah.

Yang tidak kalah sering diperhatikan adaah atap rumah. Ada beberapa jenis atas rumah yang bisa Anda terapkan.

Atap untuk Desain Rumah Minimalis 2 Lantai :

  1. Gaya Kontenporer, yaitu gaya atap rumah yang datar sehingga memberi kesan luas pada rumah
  2. Gaya Bungalow, yaitu gaya atap rumah mirip pelana kuda
  3. Gaya Rustic, yaitu gaya atap rumah berupa kayu-kayu yang disusun datar. Anda dapat mempercantik
  4. Gaya Country, yaitu gaya atap rumah yang mirip dengan bungalow hanya saja atap pelana dipasang menyatu.

Usahakan jendela rumah berukuran besar untuk memberi kesan rumah yang lebih besar dari ukuran aslinya. Sediakan juga taman kecil di depan rumah untuk memberi kesan segar atau bisa diganti dngan kolam kecil. Bisa juga kombinasi antara keduanya tergantung seberapa luas halaman rumah yang dimiliki.

Kita masuk ke ruang-ruang dalam rumah, karena rumah yang sempit, Anda harus pintar memaksimalkan fungsi dan tata ruang atau dekorasi. Usahakan beberapa perabot memiliki fungsi ganda atau multifungsi. Misalnya rak tempat TV, sekaligus untuk tempat buku di bawahnya. Kursi sekaligus untuk tempat penyimpanan barang dibagian bawahnya, begitu juga meja. Furnitur jangan terlalu berlebihan, karena akan mempersempit lapang pandang. Beri sentuhan warna-warna cerah pada furnitur ruangan. Gunakan karpet bermotif garus-garis agar ruang terlihat lebih panjang atau karpet merah agar ruangan tampak lebih mewah dan megah. Tidak perlu menggunakan tembok sebagai sekat antar ruangan. Anda bisa memisah antar ruang dengan almari yang sekaligus berfungsi sebagai tempat perabot rumah tangga atau ornamen penghias ruangan.

Sebenarnya karpet juga bisa digunakan sebagai sekat antarruang sehingga tidak perlu membuat sekat tembok karena hanya akan mempersempit rumah. Jika memiliki budget terbatas, Anda dapat menyiasati dengan membuat ornamen dari bahan-bahan bekas, seperti botol untuk vas bunga. Hias bagian luasnya dengan warna-warna cerah atau warna alami, seperti hijau dan coklat agar ruangan Anda tetap dapat memberi ornamen pada ruangan.

Pada bagian dapur, yang umumnya cenderung berukuran kecil atau memanfaatkan ruang yang terbuka tanpa sekat. Anda bisa mulai memikirkan untuk memperbanyak jumlah laci, agar ruangan tetap terlihat rapi, piring dan barang pecah belah yang lainnya tidak lagi terlihat oleh mata. Sehingga Anda dapat memanfaatkan satu dapur saja untuk dapur kotor sekaligus dapur bersih.

Kombinasikn laci dengan rak-rak kecil untuk menyimpan benda-benda seperti mixer, dan blender agar dapat diletakkan dengan baik. Peletakan yang kurang baik, dapat menyebabkan benda-benda tersebut kehilangan fungsinya.

Sekedar tips memiih lampu untuk ruangan-ruangan pada rumah dua lantai, sebaiknya setiap ruang memiliki jenis lampu yang berbeda. Pemilihan lampu yang kurang tepat untuk suatu ruangan, menjadi masalah tersendiri.jadi, pilihlah lampu yang sesuai dengan fungsi ruangan.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Berikut, beberapa jenis lampu yang bisa Anda gunakan :

UntukĀ Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

1. Lampu tahan air

Lampu ini cocok untuk ruang tamu, biasanya berpenutup kain. Banyak pilihan corak, motf maupun lukisan, Anda dapat memilih sesuai selera, asal saja tidak tetap memperhatikan estetika untuk ruangan. Penting juga memperhatikan Ingress Protection, yaitu tingkatan perlindungan pada sebuah alat listrik. Perhatikan dua angka dibelakangnya. Angka pertama menunjukkan perlindungan pada debu , sedangkan yang kedua perindungan terhadap benda cair. Ingress Protection 2 memberi perlindungan pada lampu hingga 12 mm. Apabila ingin menggunakan lampu ini di area kamar mandi, maka Ingress Protection minimal 20.

2. Lampu anti karat

Lampu ini baik digunakan di kamar mandi. IP (Ingress Protection minimal adalah 44)

Tidak perlu mengeluarkan budget terlalu tinggi untuk pembelian lampu, yang terpenting lampu tersebut sesuai untuk pencahayaan dalam ruangan. Prinsip lampu yang kita gunakan yaitu :

  1. Gunakan general lighting untuk lampu untuk ruang belajar, atau gunakan lampu baca sehingga fokus mata tidak diaihkan ke tempat hal yang lain
  2. Tidak terlalu menyilaukan mata.

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Itulah ulasan dari Admin hari ini, semoga bermanfaat dan bisa Anda terapkan barangkali memiliki rencana untuk membangun desain rumah minimalis dua lantai. Semoga bermanfaat ^^

Incoming search terms:

  • desain rumah minimalis 2 lantai 6x12
  • rumah minimalis 2 lantai ukuran 6x9
  • denah rumah minimalis 2 lantai
  • rumah minimalis sederhana 2 kamar
  • rumah minimalis 2 lantai type 45
  • rumah minimalis 2 lantai 9*6
  • rmh minimalis 6 org
  • layout ruangan rumah 2 lantai ramah lingkungan
  • desain rumah minimalis 2 lantai ukuran 6x9
  • desain rumah 2lantai ukuran 6x9

Leave a Reply